Wednesday, December 21, 2005

Notpron lagi

Apa itu notpron? secara singkat notpron adalah plesetan dari "not porn" dalam game ini sendiri kadang diselipkan beberapa foto semi-porn jika tanpa sengaja masuk ke link yang salah (curious? please find the links by yourself by using the search engine because that's not the point I'm writing here) (~_~)

Game ini tidak memakan memori komputer karena pemain hanya ditantang untuk memecahkan kasus untuk mendapatkan akses ke sebuah html page yang satu ke page yang lain. Tantangan di sini adalah bagaimana menggunakan petunjuk yang cukup minim dari gambar atau page source dan mencari informasi yang tepat untuk naik ke level selanjutnya (in my case, it is included finding hints and a little bit of cheats :p LOL).

Kata pembuatnya, mas DavidM, dia mendapat banyak salutasi dari orang-orang yang pernah memainkan notpron karena mereka mendapatkan berbagai pengetahuan (kebanyakan yang berhubungan dengan macam-macam file extension kali ya kaya .jpg .gif .zip .htm etc.)

Pertama kali mencoba game ini ketika saya sering nongkrong di forum permainan kafegaul (huhu sekarang sudah jarang main ke sana...kangen). Pertama kali maen menghabiskan waktu hampir 2 jam hanya untuk mencapai level 13 itupun sudah termasuk mencari kunci jawaban di internet. Dengan sekedar mendapatkan username dan password membuat game ini tidak menarik untuk dilanjutkan. Kelebihan game notpron ini terletak di kelihaian sang pencipta dan krunya untuk menyembunyikan suatu pesan yang dapat ditemukan dengan cara tertentu di setiap level.

Bertambahnya level membuat orang berasumsi bahwa tingkat kesulitan semakin tinggi. Faktanya dalam notpron, hal itu tidak selalu terjadi. Ada beberapa level yang dapat dipecahkan dengan cepat dan mudah daripada level-level sebelumnya seperti level 18 di mana pemain hanya diminta untuk menebak gambar dan memasukan nama benda yang dimaksud dalam url. Di samping level-level sederhana, adapula level yang memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga pemain memerlukan berjam-jam untuk memecahkannya meskipun sudah memakai petunjuk-petunjuk yang tersedia online (tidak berlaku bagi cheater). Salah satu contohnya di level 10 yang memerlukan media player yang dapat memutar balik sebuah kaset.

Semakin banyaknya orang yang mencapai level tinggi, mereka tidak senggan untuk menulis spoiler tanpa cara mendapatkannya di forum-forum yang mengulas tentang notpron. Dengan demikian orang tidak perlu berusaha banyak untuk mencapai level yang mereka inginkan. Dalam rangka mengurangi hal ini, rupanya penggunaan username dan password dari beberapa level telah diganti beberapa kali sejak notpron pertama kali diluncurkan online.

Pada mulanya lebih tepatnya tahun lalu ketika saya pertama kali mencoba notpron, hanya 81 level yang tersedia online. Dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya peminat dan orang yang berhasil mencapai level terakhir, maka dari itu kini kurang lebih 41 level negatif telah ditambahkan dalam permainan notpron.

Demikian ulasan singkat tentang Notpron. Game ini cukup menarik untuk dicoba bagi anda yang seorang puzzle freak dan banyak menghabiskan waktu luang di depan komputer.