Wednesday, December 21, 2005

Notpron 1-10 dulu

(mereka bilang ini online puzzle tersulit di dunia)
http://deathball.net/notpron/
Sebetulnya sudah setahun yang lalu saya mencoba permainan buatan orang Jerman ini, tapi buntut-buntutnya berhenti di level yang sama juga kalau kurang petunjuk. Bagi yang belum pernah main dan ingin mencoba, berikut adalah sedikit panduan Notpron level 1-21 dalam bahasa Indonesia.

Level 1 (Welcome)
http://www.deathball.net/notpron/levelone.htm
"Enter the door" untuk masuk ke level 2 klik di area pintu (pada dasarnya level 1-9 adalah panduan awal bagaimana memainkan game ini).

Level 2 (Something was in his way)
http://deathball.net/notpron/not/level2.htm
perhatikan gambar tangan menunjuk ke atas yang mengaju pada "link". Perhatikan link level ini untuk masuk ke level 3.

Level 3 (Turn me on)
http://www.deathball.net/notpron/false/gototheothersite.htm
Sekali-kali di bagian kanan atas gambar/bagian yang gelap, muncul satu kalimat. Karena teralu cepat kadang tidak terbaca jadi jangan teralu dihiraukan. Petunjuk di sini lagi-lagi perhatikan alamat website dan coba ganti sebuah kata dengan antonim ato sinonim untuk masuk ke level selanjutnya.

Level 4 (Look in the dark)
http://www.deathball.net/notpron/true/gototheothersite.htm
Selamat anda baru saja masuk ke permainan sesungguhnya. Setelah level ini maka kebanyakan level akan memerlukan username dan password untuk masuk ke level selanjutnya. Cari area yang bisa diklik untuk memunculkan kotak dialog. Seperti judul level ini, perhatikan di tempat gelap terutama garis-garis dan titik-titik putih di bawah lampu. Bagi yang pernah ikut pramuka, tentu tahu ini adalah "sandi morse." Pergunakan baris atas sebagai username dan baris ke 2 sebagai password. username: voodoo password: power

Level 5 (Light your torch)
http://deathball.net/notpron/google/shestheoneforme.htm
Kali ini bantuan google.com akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang tidak tahu penyanyi band bernama Big Bad Voodoo Daddy. Cara manual terangkan layar anda atau pergunakan ctrl+a untuk select all, maka di bawah gambar anda akan menemukan kutipan syair lagu yang dimaksud. Masukan nama lagu sebagai username dan password. username: simple password: songs

Level 6 (..the source code might help...)
http://deathball.net/notpron/nothing/hesgotitall.htm
temukan 2 baris angka-angka dengan meng-"highlight" (apa coba bahasa indonya??) dari bawah ke atas. Maka susunan angka dibawah ini akan terlihat di layar.
108 105 108 107 --> username
117 111 114 104 --->password
Pergunakan fungsi alt+3 angka pada ms word, tadaa...huruf-huruf bermuculan. silakan susun ulang :p :p username: kill password: hour

Level 7 (he went to the old school)
http://deathball.net/notpron/sdrawkcab/tieman.htm
Salah satu level yang paling rumit dan membutuhkan waktu cukup lama untuk memecahkannya. Kuncinya berada pada alamat website. Dengan mengganti-ganti url di atas anda akan mendapatkan berbagai petunjuk seperti berikut:
"backwards/tieman.htm" -> "no, just name it"
"sdrawkcab/nameit.htm" -> "No, name what you see on the pic, go back!"
"backwards/nameit.htm" --> "do it......name IT"

yang harus dinamain di sini adalah merk bungkus snack yang ada di gambar. Bagi yang belum tahu ini adalah bungkus Twix, maka urlnya bisa diganti dengan
sdrawkcab/twix.htm" -> "wenoot"--> kalau dibaca terbalik akan menjadi: "too new"



"dia pergi ke sekolah tua" merupakan sebuah petunjuk bahwa merk twix tidak disebut demikian beberapa tahun silam. Seperti merk "hansaplas" yang dulu disebut "handiplas."
Mungkin website berikut dapat membantu http://www.nostalgiacentral.com/pop/sweets.htm
change the url with what you get and put it other way around... and walla!!

Level 8 (say it loudly and proudly)
http://deathball.net/notpron/sdrawkcab/rediar.htm
Di sini anda perlu berlatih vokal untuk mengucapkan "JAY should PACK his stuff" terutama pada kata "JAY" dan "PACK"...(bagi yang suka fotografi dan menyimpan gambar pasti kata ini mengingatkan anda pada suatu jenis file :p :p...ups I said it).
Kunci pertama permainan notpron adalah menemukan user name dan password
Kunci kedua pemainan ini adalah menemukan petunjuk dari "source page" (coba bilang dari tadi yak...).
Tekan ctrl+u (untuk pengguna mozilla firefox) untuk menampilkan "source page." Lalu downloadlah file musik "../stuff/mus2.mp3" Username dan password tertulis di file ini (jangan pernah memainkan file ini pada winamp ato media musik yang lain. Just simply JAYPACK)

Level 9 (revolution)
http://deathball.net/notpron/luv2music/paulisdead.htm
Tidak ada yang bisa diklik di sini kecuali angka 9. "check the source page!" di sana tertulis jelas username dan password untuk level ini. Ambil tiap huruf setelah "< class=" ''not''">" dan masuk ke level selanjutnya. username: turnmeon password: deadman

Level 10 (He was impatient)
http://deathball.net/notpron/wrong/roawr.htm
Lagi-lagi jawabannya ada di file musik dari source page. Kali ini bantuan sndrec32.exe cukup berguna untuk mendengarkan dengan sedikit jelas apa yang diucapkan operator dalam file musik itu. Cara lain pergunakanlah fleximusic ato wave editor yang lain untuk memainkan forward atau rewind, diperlambat dan dipercepat. (spoiler: he said "grey world") "highlight to reveal the words.

hoho harus balik kerja lagi...kapan-kapan lagi dilanjutin...good luck!!